IMPLEMENTASI IT-IL

IMPLEMENTASI PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN SHOPPE DALAM BISNIS INTERNASIONAL

=========================================================================


BAB I

PENDAHULUAN


  1. Latar Belakang

Perkembangan zaman yang terus mengalami kemajuan lambat laun mengubah gaya hidup masyarakat. Pada zaman sekarang ini, gaya hidup masyarakat semakin serba instan dikarenakan mayoritas masyarakat memiliki mobilitas yang tinggi dalam kegiatan sehari -harinya. Revolusi Industri 4.0 sebagai dampak dari perubahan global memfasilitasi masyarakat untuk dapat mengakses berbagai macam informasi dengan menggunakan internet. Internet memiliki dampak yang luas terhadap kehidupan masyarakat sekarang ini. Pemanfaatan internet dan perkembangan teknologi informasi dapat membantu mengembangkan sifat penyediaan layanan dan turut memberikan suatu pengaruh terhadap proses perubahan penyediaan jasa. Kolaborasi keduanya juga mendorong bertumbuhnya bisnis electronic commerce atau E-Commerce. Menurut Kotler dan Amstrong dalam E-Commerce adalah saluran online yang dapat dijangkau seorang pebisnis untuk melakukan aktivitas bisnisnya dan digunakan konsumen untuk mendapatkan informasi. E- Commerce dapat dimanfaatkan sebagai media pertukaran barang dan jasa baik secara antar institusi atau Business to Business (B2B) maupun antara perusahaan dengan konsumen secara langsung atau Business to Customer (B2C).

Strategi internasional adalah strategi bisnis internasional perusahaan yang menerapkan strategi bisnis di pasar domestik dan luar negeri dengan membaca peluang, dimana pesaing- pesaing lokal tidak memilikinya. Thomas L. Harris mengatakan bahwa banyak strategi yang dapat diterapkan melalui strategi marketing public relations strategy A to Z. Perpaduan antara marketing public relation dengan periklanan dapat meningkatkan hasil yang ingin dicapai serta dapat efektif dalam membangun brand awareness dan brand knowledge.


  1. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan strategi pemasaran Shopee dalam bisnis internasional.


  1. Batasan Masalah

Agar penelitian didalam makalah ini bisa lebih terfokus, terarah, dan tidak meluas dari pembahasan yang telah dimaksudkan, maka penelitian ini akan memfokuskan tentang apa itu Implementasi IT dan bagaimana strategi pemasaran shopee dalam bisnis internasional.


=========================================================================


BAB II

PEMBAHASAN


Implementasi TI pada sebuah perusahaan telah berkembang dan mengalami pergeseran fungsi. TI tidak hanya ditempatkan pada posisi pendukung saja seperti untuk komputasi data dan otomatisasi proses, namun juga dipandang sebagai aset strategis yang turut menentukan strategi bisnis perusahaan. Adopsi dan implementasi TI dalam perusahaan memerlukan keselarasan antara proses TI dengan proses bisnis. Information Technology Infrastructure Library (ITIL) adalah salah satu framework ITSM (Information Technology Service Management) yang menyediakan serangkaian model proses dan fungsi best practice pemberian layanan TI.


Shopee menggunakan kombinasi pull strategy dan pass strategy dalam penerapan marketing public relations melalui program Shopee Streamer Academy. Pull strategy disini diterapkan dengan menitikberatkan pemanfaatan iklan dan aktivitas promosi kepada konsumen dengan tujuan merangsang, meningkatkan permintaan konsumen, dan membangun loyalitas konsumen terhadap produk. Shopee sebagai sebuah E- Commerce mendorong konsumen (khususnya pengguna aplikasi Shopee) untuk melakukan pembelian produk dengan cara menciptakan ketertarikan konsumen terhadap produk dengan cara menampilkan sajian konten menarik yang telah dibuat oleh para streamers. Streamers yang tergabung dalam Shopee Streamer Academy akan dilatih dan dididik oleh UCG Team agar memiliki keterampilan pengemasan konten seperti influencer handal. Meskipun Shopee Streamer Academy bukanlah program yang memasukkan kegiatan komunitas, namun hal ini tetap sejalan dengan interpretasi Rosady Ruslan yang mendefinisikan pass strategy sebagai strategi yang menekankan keikutsertaan perusahaan atau produsen dalam kegiatan yang melibatkan beberapa gatekeepers untuk menciptakan atau mempengaruhi opini publik yang bermanfaat bagi perusahaan. Para streamers-lah yang berfungsi menghubungkan antara perusahaan dengan konsumen. Selain itu, streamers sebagai pihak luar juga membantu perusahaan untuk meningkatkan opini publik khususnya terkait produk-produk yang berhubungan dengan konten yang dibahas dan dibeli melalui aplikasi Shopee.


Berdasarkan konsep marketing publik relations strategy A to Z yang dicetuskan oleh Thomas L. Harris, Shopee menerapkan tiga jenis taktik, yaitu competitions, demonstrations, dan product placement. 

  1. Kompetisi atau competitions adalah persaingan oleh sejumlah partisipan untuk memperoleh sesuatu. Public relations yang memanfaatkan strategi kompetisi dalam melakukan promosi akan memperoleh berbagai manfaat, diantaranya adalah meningkatkan ketertarikan publik terhadap aksi promosi; menambah relasi; dan menjalin hubungan baik dengan publik melalui pemberian hadiah atau penghargaan kepada partisipan yang menjadi pemenang kompetisi. Dalam penerapannya, Shopee menyelenggarakan KPOP Stream Competition apa tanggal 20 sampai dengan 26 Juni 2020 dalam rangka memeriahkan penayangan KCON: TACT 2020 Summer di Shopee Live. KCON: TACT 2020 merupakan festival musik pop Korea atau Korean Pop (K-Pop) yang disiarkan online melalui platform live streaming yang dimeriahkan beberapa artis Korea ternama seperti GFRIEND, Chungha, ITZY, Monsta X, dan lain sebagainya. Dalam event tersebut Shopee mengadakan kompetisi siaran langsung di Shopee Live yang bertema kultur Korea untuk meningkatkan antusiasme penggemar K-Pop di Indonesia. 

  2. Jenis taktik kedua adalah demonstrations yang diterapkan Shopee dengan memfasilitasi streamers untuk merepresentasikan pemakaian atau penggunaan produk tertentu dengan menggunakan sudut pandang sebagai seorang konsumen. Terakhir, Shopee juga menerapkan taktik product placement. Karrh mendefinisikan product placement sebagai penyisipan produk dari brand tertentu dengan memanfaatkan audio, audiovisual, maupun visual melalui platform media massa (Karrh, 1998). 

  3. Selanjutnya product placement dibangun dengan tiga komponen. 

  • Pertama, screen placement untuk menampilkan brand secara visual seperti advertising banner di jalan raya. 

  • Kedua, script placement yaitu dialog yang menggambarkan brand. Ketiga, plot placement yang membangun alur cerita. Dalam Shopee Live, 

  • ketiga prinsip ini diterapkan ketika seorang streamers melakukan konten product review.


Strategi pemasaran yang telah diatur sedemikian rupa hendaknya diiringi pula dengan strategi pelayanan bagi konsumen. Kualitas pelayanan adalah penentu bagi kepuasan pelanggan. Aplikasi E-Commerce hendaknya menyediakan informasi yang memadai baik berupa informasi mengenai spesifikasi produknya, promosinya, macam-macam produknya, serta bagaimana sistem pembayarannya. Aplikasi juga baiknya menyediakan pelayanan berupa sarana untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan dengan cepat. Ketika pertanyaan-pertanyaan pelanggan mampu dijawab dengan cepat, maka mereka merasa terlayani dengan baik sehingga mereka dapat terpuaskan. Kemudahan dalam proses pemesanan juga menjadi hal yang penting. Pelanggan akan merasa senang membeli pada E-Commerce karena adanya kemudahan dan kesesuaian harapan dalam proses pemesanan. Terkait perihal tersebut, Shopee memudahkan konsumen untuk dapat memesan produk yang mereka sukai ketika sedang menonton Shopee Live. Terdapat fitur shopping cart atau yang disebut dengan keranjang belanja yang mempermudah penonton dan streamers menandai produk ketika sedang siaran langsung. Fitur ini digunakan streamers untuk menyisipkan beragam produk yang berhubungan dengan konten yang dibahas ke dalam siaran langsung. Sedangkan untuk penonton, fitur ini dapat digunakan untuk mengetahui produk beserta harga yang ditawarkan di Shopee. Penonton juga dapat langsung membeli produk yang sedang ditayangkan tanpa harus keluar dari beranda siaran langsung, ini akan memberi keuntungan serta kemudahan pembelian produk pada penonton apalagi ketika sedang penayangan konten yang memuat produk flash sale.


Semua yang telah dilakukan Shopee merupakan strategi pemasaran internasional sebagai upaya dalam kegiatan bisnis internasional. Strategi pemasaran internasional dirancang untuk meningkatkan kinerja pemasaran internasional. Strategi pemasaran internasional berdampak pada peningkatan reputasi perusahaan dan membangun brand awareness yang kuat. Apabila strategi pemasaran internasional dapat berjalan sukses, hal tersebut akan membawa keuntungan pemasaran tertentu, seperti biaya pemasaran yang lebih rendah ketika telah muncul banyak pelanggan baru dan rata-rata perdagangan naik. Dalam kegiatan bisnis internasional ini, memungkinkan bagi Shopee untuk melakukan pertukaran perdagangan internasional dan menjadi jembatan antara perekonomian domestik dengan perekonomian dunia. Ketika Shopee terjun ke pasar internasional, Shopee memanfaatkan keunggulan komparatif setiap negara.



=========================================================================


BAB III

PENUTUP


  1. Kesimpulan

Dapat mengetahui perkembangan strategi pemasaran Shopee dalam bisnis internasional. Semua yang telah dilakukan Shopee merupakan strategi pemasaran internasional sebagai upaya dalam kegiatan bisnis internasional. Strategi pemasaran internasional dirancang untuk meningkatkan kinerja pemasaran internasional. Strategi pemasaran internasional berdampak pada peningkatan reputasi perusahaan dan membangun brand awareness yang kuat.


  1. Saran

Perancangan pada penelitian ini seperti taktik product placement pada komponen pertama screen placement untuk menampilkan brand secara visual contohnya advertising banner di jalan raya sebaiknya diganti dengan cara lain. Karena menurut saya tidak efektif dengan zaman yang sudah modern. 


=====
====================================================================

DAFTAR PUSTAKA


https://journals.telkomuniversity.ac.id/liski/article/view/3638


https://arl.ridwaninstitute.co.id/index.php/arl/article/view/98/68


Komentar

Postingan Populer