STRATEGI PELAYANAN SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Strategi Pelayanan adalah Suatu strategi untuk memberikan layanan dengan mutu yang sebaik mungkin kepada para pelanggan (Albrecht & Zemke, 1990). Strategi pelayanan yang efektif harus didasari oleh konsep atau misi yang mudah dimengerti oleh seluruh individu dalam perusahaan dan diikuti oleh berbagai tindakan nyata yang bermanfaat bagi para pelanggan, serta mampu membedakan perusahaan yang menerapkan strategi tersebut dengan para pesaingnya sehingga perusahaan mampu mempertahankan pelanggan yang ada dan mampu menarik pelanggan baru.
Information Technology Service Management (ITSM) adalah pendekatan organisasi Teknologi Informasi (TI) yang digunakan untuk merancang, membangun, mengintegrasikan, mengatur dan menyusun layanan TI yang berkualitas, dalam ITSM pengelolaan TI memiliki basis filosofi pada cara pandang customer terhadap kontribusi TI dalam bisnis, serta untuk efektifitas dan efisiensi biaya dalam hal penyedia layanan TI.
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui apa yang dimaksud pelayanan sistem informasi.
Untuk mengetahui apa yang dimaksud Perencanaan strategis sistem informasi.
Untuk mengetahui service strategy tahapan awal dalam pengembangan sistem layanan.
Batasan Masalah
Apa yang dimaksud pelayanan sistem informasi?
Apa yang dimaksud Perencanaan strategis sistem informasi?
Apa yang dimaksud service strategy tahapan awal dalam pengembangan sistem layanan?
BAB II
PEMBAHASAN
Layanan Sistem dan Teknologi Informasi (STI) merupakan sebuah layanan yang memanfaatkan kegunaan dari software, hardware, dan fasilitas komunikasi yang mendukung akses informasi kepada pelanggan dalam proses bisnis melalui penciptaan, manajemen, dan optimalisasi.
Perencanaan strategis sistem informasi merupakan mekanisme pembuatan portofolio aplikasi sistem informasi berbasis komputer yang akan mendukung perusahaan dalam melaksanakan dan merealisasikan tujuan bisnisnya. Metode dalam melakukan perencanaan strategis sistem informasi terdiri atas berbagai macam, yaitu menggunakan metode Anita Cassidy, Price Waterhouse, B-Vissta Planning serta Ward and Peppard. Pada penelitian ini menggunakan metode Ward and peppard yang mencangkup penilaian internal dan eksternal organisasi (J. Ward et. al, 2002).
Service Strategy Tahapan awal dalam pengembangan sistem layanan adalah penyusunan perencanaan strategis layanan, aktivitas utama yang dilakukan adalah market definition, offering development, strategic asset development dan prepare for execution. Tahapan penetapan perencanaan strategi layanan TI, adalah sebagai berikut:
Market definition
Pada tahapan ini adalah mendefinisikan customer untuk layanan TI. Dengan menentukan strategis untuk layanan dan layanan untuk strategis bisnis, memahami customer, memahami kesempatan, melakukan klasifikasi dan visualisasi dari pola dasar layanan model bisnis dan bisnis unit.
Offering Development
Tahapan ini untuk mengidentifikasi layanan yang digunakan atau ditawarkan untuk customer, serta untuk memulai proyek pengembangan layanan.
Strategic Asset Development
Mengidentifikasi aset layanan (proses, knowledge, orang, aplikasi dan infrastruktur) untuk digunakan pada pembangunan blok layanan/service management untuk membuat layanan dan inisiasi proyek untuk pengembangan aset tersebut.
Preparation for Execution
Persiapan unit TI untuk memastikan bahwa service strategy akan berjalan dengan baik, meliputi aktivitas-aktivitas : strategic assessment, setting tujuan, mengidentifikasi critical success factor (CSF), prioritas investasi, menginformasikan perkembangan, memetakan atau diferensiasi market space.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Layanan Sistem dan Teknologi Informasi (STI) merupakan sebuah layanan yang memanfaatkan kegunaan dari software, hardware, dan fasilitas komunikasi yang mendukung akses informasi kepada pelanggan dalam proses bisnis melalui penciptaan, manajemen, dan optimalisasi. Perencanaan strategis sistem informasi merupakan mekanisme pembuatan portofolio aplikasi sistem informasi berbasis komputer yang akan mendukung perusahaan dalam melaksanakan dan merealisasikan tujuan bisnisnya. Service Strategy Tahapan awal dalam pengembangan sistem layanan adalah penyusunan perencanaan strategis layanan, aktivitas utama yang dilakukan adalah market definition, offering development, strategic asset development dan prepare for execution.
Saran
Sistem yang diusulkan kepada perusahaan dapat dikembangkan guna mewujudkan strategi yang baik dan juga untuk meningkatkan layanan. Sehingga hal ini akan sesuai dengan misi yang telah ditetapkan oleh setiap perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA
Albrecht, K. & R. Zemke. 1990. Service America: Doing Business in the Service Economy, Homewood: Dow Jones-Irwin.
J. Ward and J. Peppard, Strategic Planning for Information Systems. New York: John Wiley & Sons, Inc, 2002.
Komentar
Posting Komentar