GIGANS CANS

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Penjualan merupakan suatu kegiatan yang teratur untuk mengembangkan rencana – rencana strategis yang diarahkan pada suatu kepuasan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pembeli, supaya mendapatkan penjualan produk dengan menghasilkan keuntungan. Dimana pada penjualan disini lebih menekankan strategi bagaimana produk tersebut dapat terjual. Untuk perencanaan penjualan ini lebih pada orientasi jangka pendek berdasarkan produk dan kondisi pasar. Selain itu, penjualan ini lebih menekankan pada kebutuhan pelaku bisnis mengingat pelaku bisnis harus mampu menjual produk yang ditawarkan.

Penggunaan cat tidak pernah lepas dari kehidupan manusia sehari – hari. Mulai dari cat tembok, cat kayu, cat besi hingga pilox berada sangat dekat dengan manusia. Polesan cat warna – warni pada rumah dan furniture dapat memberikan nilai lebih serta memberikan kenyamanan pada penghuninya. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan manusia akan cat semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Seiring berkembangnya zaman dan era modern seperti sekarang ini, street art sudah meracuni Ibu kota dan kota – kota besar di Indonesia, graffiti adalah salah satu dari jenis street art. Awal mulanya berkembang di New York pada dekade pergantian tahun 60-an dan 70-an, ketika orang orang dari seluruh dunia pertama kali menjumpai “water resistant markers (atau biasa disebut Flowmaster) atau orang Indonesia menyebutnya Spidol Marker (Flowmaster merupakan merek yang terkenal disana). Ketika Cat Semprot (Spray Paint) ditemukan graffiti menjadi semakin popular, serta lebih terlihat. Setelah beberapa waktu dinding tembok mulai tidak ada lagi ruang kosong, dan tag baru mulai tak terlihat di antara banyak lainnya. Hal ini penting untuk memulai gaya baru, yang akan lebih boros dan jelas tidak biasa. Sepanjang waktu ini tag telah menjadi semacam bentuk ekspresi seni, bentuk-bentuk baru grafik dan catatan yang karakteristik dari beberapa “writers”. “The letters” (gaya menulis /graffiti font/alphabets) menjadi lebih dan lebih besar dengan penambahan garis outline dan dihubungkan dengan “throw up”, Itulah menandakan kelahiran bentuk baru graffiti yang disebut “Piece” . Ini adalah versi pendek kata dari Masterpiece, pada waktu itu media paling populer untuk graffiti adalah subway.Pada tahun 1973 “The New York Magazine” membuka kompetisi untuk graffiti terbaik di subway (kereta bawah tanah) dan memberikan Tags Award.


  1. Tujuan Penulisan

Berdasarkan latar belakang diatas maka dilakukan penulisan yang bertujuan untuk:

  1. Untuk mengetahui produk GIGANS CANS

  2. Untuk mengetahui tentang model bisnis GIGANS CANS berdasarkan komponen model bisnis.


  1. Batasan Masalah

Agar Pemecahan masalah yang dilakukan tidak menyimpang dari ruang lingkup pembahasan yang telah ditentukan, maka penulisan ini akan berfokus tentang hal yang mengarah ke GIGANS CANS





















BAB II

PEMBAHASAN

  1. PRODUK GIGANS CANS

GIGANS CANS adalah cat aerosol yang dibuat di indonesia, khusus digunakan bagi para penggiat street art untuk membuat karya mereka. Pembuatan cat ini tidak sembarangan, diperlukan pengujian di laboratorium agar menghasilkan formula yang tepat. Memiliki koleksi ratusan warna yang berbeda cat ini menawarkan kesempurnaan dalam warna yang ditumpahkan. Siapa sangka orang-orang dibalik brand GIGANS CANS lahir dari akar komunitas graffiti di indonesia dan masih aktif melakukan bombing hingga kini. Sehingga mereka tahu betul apa yang mereka inginkan. Pada kali ini kami ingin sedikit mengulas cat semprot tersebut, tak hanya cat semprot ditambah juga produk seperti marker.

Logo “GIGANS CANS”

Contoh produk GIGANS:

CANS

MARKER


GLOVE

  1. KOMPONEN MODEL BISNIS “GIGANS CANS”

GIGANS CANS pada kali ini menggunakan model bisnis manufaktur, yang dapat membuat sebuah produk dan menjualnya untuk mendapatkan laba. GIGANS CANS juga memproduksi barang dengan menggunakan mesin produksi. Ketika menjalankan bisnis manufaktur, GIGANS CANS menjual barang secara langsung ke konsumen atau menggunakan perantara pihak ketiga.

  • Value proposition

  1. GIGANS CANS merupakan kaleng atau pilox khusus digunakan bagi para penggiat street art untuk membuat karya mereka.

  2. GIGANS CANS memberikan ratusan macam warna yang menarik sehingga para penggiat street art tidak takut warna yang didapat berbeda dengan ekspektasi. 

  3. GIGANS CANS juga tidak hanya membuat cat semprot, melainkan juga GIGANS CANS membuat tools lain seperti Marker, Glove, dan peralatan lain yang dibutuhkan para penggiat street art.

  • Target market: 

Sudah jelas Target marketnya adalah para penggiat street art yang bergerak secara berkelompok maupun individu. 

  • Competitive advantage: 

  1. Fitur unik dari GIGANS CANS adalah Pressure atau kekuatan semprot, GIGANS CANS menggunakan Low Pressure agar fill mewarnai gambar lebih lembut dan rapi.

  2. Dan Fitur GIGANS CANS selanjutnya terdapat Caps atau kepala semprotnya, GIGANS CANS menggunakan Caps Male agar dapat menjangkau segala macam Jenis Caps yang lain.

  • Cost structure: 

Biaya-biaya yang timbul dalam bisnis adalah biaya membeli bahan baku, pengemasan, membayar gaji pegawai, bahan bakar transportasi, dan biaya ekspedisi pengiriman.

  • Key activities:

  1. Membeli bahan baku berkualitas untuk membuat GIGANS CANS.

  2. Membuat cat ini tidak sembarangan, diperlukan pengujian di laboratorium agar menghasilkan formula yang tepat.

  3. Melakukan penjualan produk secara online maupun dipasarkan secara global.

  4. Memberikan pelayanan yang ramah, cepat respon dan memuaskan. 

  5. Mempertahankan kualitas produk agar konsumen bertahan dan dapat bertambah serta melakukan kerjasama dengan distributor ataupun reseller.

  • Channel:

GIGANS CANS melakukan penjualan secara online melalui Instagram. 

  • Customer relationship 

GIGANS CANS juga Membangun hubungan baik dengan para konsumen melalui media sosial agar mereka dapat mengetahui jika produk baru yang kami keluarkan.









BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan 

Penggunaan cat tidak pernah lepas dari kehidupan manusia sehari – hari. Mulai dari cat tembok, cat kayu, cat besi hingga pilox berada sangat dekat dengan manusia. dengan dihadirkannya GIGANS CANS yang dibuat di indonesia, cat aerosol khusus digunakan bagi para penggiat street art untuk membuat karya mereka. Dengan koleksi ratusan warna yang berbeda cat ini menawarkan kesempurnaan dalam warna yang ditumpahkan. 

  1. Saran

Sebuah usaha penting memiliki model bisnis karena jika tidak memilikinya maka usaha itu bisa saja berantakan dan tidak berhasil. Oleh karena itu, model bisnis itu perlu dibuat agar dapat menentukan cara menjual produk, siapa target pasarnya, pendapatan usahanya, dan cara mengembangkan usahanya.





















BAB IV

REFERENSI

Komentar

Postingan Populer